DEAR DIARY
Sebelum k ciamis sbnernya gw byk hal2 aneh yg pengin gw certain ….soal “cinta kecil “ gw , soal “5hari nyetir mobil kampret” , dokter muda , plus tunangn gw – yeah anyway gw udah d jodoin ..sm anaknya temen nyokap , biasalah ibu2 gk ada gawe itu jodoin ank2nya .. uhhh ..
Itu jg lgsg d suruh ketemu bgtu ada hari .. doi ygt lg libur sama gw yg lg olg dr pesantren ..
Pertemuan pertama .. hmmmm .. mengesankan !
Doi ank kedokteran , namanya RYAN ..semester 4 d ONSOED .. ihiy , gw suka lah .. tp blm hatinya  hati gw makin k jelas neh . tauk ah ..
Hmmm mana yah yg harus gw certain pertama ??
Soal cinta kecil gw kah ?? aheu …
Soalnya ini rada2 bodor gtu lah .. 

the clumssy holiday

dear diary
hari ini gw bner2 ajaib :)
feeling n hati gw gak sepenat biasanya
walopun uda di kirimin nyokap dgn paksa ke sebuah daerah terpencil (baca : kampung)
mw tw maksudnya ap ? cuma bwt gw dapet kerjaan slm liburan .. yah emang gk sekedar "cuma" sih .. gw hargain itu .. itung2 liburan gw jadi rada mutuan dikit :p
bljar nyari duit , dan betapa susahnya kerja .. dan gw jadi pakaek "hati" kalo minta duit sama nyokap :) hehehehe
i.allah gw mulai start kerja jumat .. seritanya pan gw lgsg dapet tawaran kerja neh , jd tukang bikin kue . cocok bgt sm hobby makan gratis gw ( dasar jiwa barbar nya lg kumat)
btw on the way busway .. gw stuck di kampung antah berantah , daerah ciamis sih .. dan nama desanya itu klo kga salah maleber .. aneh bgt yak ? hihihi .. yeah that's it
disini itu gw exicited bgt liat soang (smacem angsa),ayam2,kebo,sawah2,sama kebon di blakang depan samping kanan kiri rumah nene gw .. nah itu dia , bayangin klo tengah malem ? fuck .. gw serem abiss itu HORROR :(
gw ampe pas kebelet pengin eek jg d tahan .. masa musti nekat male2 gini ke empang ? uuhhh nehi2 deh , bisa kejang gw nemu yg "aneh"

*************

kira2 kue apa ya yg bs gw bikin ? apakah bolu ? atau apa ? uhh penasaran .. jd pengin cepet2 .. kan jarang tuh cewe muda belian nan cantik kek gw jago bikin kue (promosi .. hehe pick me to be ur girlfriend) :p hehehe .. rencananya sih duit gajian gw bakalan kumpulin terus gw kasih ke nyokap kandung gw ..
hhmmm .. gw rada mikir jg (tumben) kalo idup itu gk susah2 gampang .. mana ada jg org diem tiba2 duit ada turun dari langit .. nah iya ajj ada katanya .. itupun kalo tiba2 ada hujan duit .. muehehehe
udah lama jg neh btw (ceritanya cita2 terpendem gt lah)
pengen ngebikinin mamah p[apah kue
sbnernya gk terlalu mikirin brp gaji gw ntr yg penting itu penglaman sama ilmu
yeah just enjoy the show … thanks ya ALLAH 
then the last report ..
c milky g brenti ngejer2 gw berkali-kali doi blg syg+kangen .. WTF bgt itu anak .. boro2 tersentuh deh .. gw mala hajj kasian sama tu anak .. masalahnya gw bukan cewe yg masuk daftar “CEWE YG MUSTI DIKEJAR2 ATO TIPE2 YG DISUKAIN COWO”
LO BAYANGIN DEH : GW ITU …
Kurus .. gk trlalu , eh mgkn jg dink .. org Cuma 45 kg doing  , tinggi ? g tinggi2 amat .. Cuma 164 cm , gk putih juga gk item  , mancung nanggung , cerewetnya gk nahan,rambut Cuma sepinggang itupun ikal bawahnya,apalagi yah … ? oh yak ! dada gw rata tuh .. ibaratnya papan .. depan blkang rata .. gw sbnernya malu bgt ngakuin ini fakta 1 tp yah FYI .. hehe
Inilah yg biking w minder plus keki abis klo lg rumpi brg anak2 psantren
Secra pesantren gt .. acara buka2 baju alias bertlenji-tlenji ria itu bukan hal yg aneh di kobong , semua org pada bengong liatin bitis2 kita . cuek beibeh ! hehehe
nah gw bakal jd mendadak diem klo udah gitu .. bkl jd sgt tertutup .. hehehe , kan gw mash blm brani saingan .. ahhhhhhhhhhh

GJ


hanif bilang kita blm putus !! WTF !! :( MAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU
cowo yg disebelah kiri itu cowo yg aneh nyebelin dsb deesbe :p
kpn dy blg kangen ? ato syang ? iiih BT .. tp yah ikhlas we lah

rapot gk ketulung ..



gw mulai pusing !!
sial sial .. bsok mw dibagiin rapot !! what should I do ?
uuughhh kangen pa EE :'(
kira2 isinya gemana ya itu rapot gw ?

fesbuk oh fesbuk

kutu kupretttttttttttt >.<"
masa iya sih trnyata pas gw buka fesbuk iih amit2 .. ada si hanif onta >.<"
dy itu nyebelin bgt iihhhhh

udah lama g posting ih >.<''

Dear diary
Hari ini terasa sangat lelah .. ulangan d sekolah udah lama selesai , skrg tinggal leha-lehanya d skolah .. dan gw smakin gk jelas .. hehehe ..
Lo tau ? gw kena musibah matematika ? aahh .. fuck itu .. masa vektor gw Cuma dpt 60 ? akhirnya semester 2 baru gw isi itu nilai d rapot .. sedih bgt gw d kasih guru killer kek pa EE .. tapi sbnernya dy tuh Cuma pengin gw pinter ajj ,,, Cuma caranya bikin gw keder tiada henti .. hahaha
sekarang jantung gw kumat dagdigdugnya .. trs keringewt dingin , natep matanya ajj gw g kuat , kpikiran siang malem , tdur kga teneng .. walah2 ada apa ini ? bakal ada hubungan terlarang .. wkwk ..sayang skali pa EE uda punya istri dan 1 pembantu d rumahnya :p :p
bukan masalah matek doang yg bikin gw rieut ..
masih buanyyyakkkk rek 
gw , skrg pindah ke psentren baru dket rumah gw . dan itu ternyata (gw baru tau itu permalahan – gw d pindahin krna trnyata si ibu psentren gk suka sm gaya hidup gw yg gk bs lepas dr clana jeans !) god ! apakah adil ? gw emg dari sono nya kena sindrom cowo .. dari inilah gw susah d blg cantik . knp ? krna gw ganteng .. hehehe .. gw hoby bola, softball,pakek baju gombrong,bicaranya ala polytron alias kenceng .. wkwkwk .. sembrono .. pkoknya gk ada cantik2 nya ato manisnya .. tp d balik itu semua gw bs tuh masak !! gk kaya kbnyakan cewe zman skrg .. itu smua brkat didikan emak gw yg crewetnya kga ktulungan .. hueheheh .. slain itu ? kelebihan gw sbgai cewe ? hmmm apa ya ? .. gw udah pake hijab .. bukan hijab krna brgkt sekolah .. hijab pemberian ALLAH buat aku , dtg dr hati ..  alhamdulilah ..
pasantren gw yg skrg ? ckup menyenangkan . setidaknya kalo kga ada mahluk yg namanya Milky .. haroreammm d critainnya tapi ya .. biar semua jelas .. gw skamar sama yg namanya : DINI,ALFI,IRA,ALIN,DEWI.
Mereka semua adek kls gw .. wkwkwk , kls 1 semua .. Cuma gw d kobong 7 ini yg kls 3 .. jiaaah tak apa , toh gw jd awet muda lg (lho? Emg bs?)
Tapiii .. kalo mslh umur .. bkn gw loh yg paling tue d kbong 7 ini 
Trnyta si ira lah yg plg tua , malah trnyta gw itu ke 3 paling muda d sini .. wkwkwk busung dada :p
Masalah milky ?
Ok ! namanya emg keren kaya susu .. kalo d bhs arab artinya Raja .. raja sinting kali .. iihh jijayyy  jgn trtipu sm sebuah namaguyss
Gw itu korban org laknat itu , dy itu ank yg punya pondok pesantren yg gw tinggalin skrg .. orgnya cakep lah tapi hatinya itu loh .. busuk bgt  dy itu gw trima krna tadinya mw bikin hanif cemburu .. tapi semuanya jadi lain critanya .. gw malah jd sering brantem sm hanif , dan skrg putus udah 
Milky itu orgnya byk nuntut ... ini itu .. A U B .. huh 
Emg lo itu calon suami gw ape ??! fuckkkk (*baru dger ya santri blg fuck ? nah itulah istimewanya gw .. gw itu santri gaul .. wkwkwk )
Dy stelah putus sm gw .. dy nyebarin berita sama santri2 lain klo gw itu udah gk perawaqn .. najis bgt !!
Ahh ,, pokonya pacarnya jgrese abis .. ehmmm gw trnyta selingkuhannya tauuukk .. anjrit bgt ..
Pcrnya marah2in gw .. dy ngeanjing2in gw .. parah itu ank ,
Tapi pas gw mw lawan gw pengen stay cool .. gk mw pakek cara primitif ..
Hahahaha .. dan stlah gw byk mikir kek org pinter .. gw mutusin bwt gk knal lagi sama si MILKY ,..
Dy udah mnta maaf .. udah minta balikan brp kali pun gw tolak..
Malah skrg , hati gw sakit bgt sama hanif ..
Tuhan .. biarin gw lepas dr semua ini
Byk cinta yg ditawarkan padaku ,, tapi semua itu g merubah perasaan aku 
Ada galuh , ada robi , yg suka sms gw ..
Tpi gw g suka itu semua .. itu temen2 gw !! masa mw gw pacarin !!! 
Udah ah .. gw g mw jd musafir cinta !! hoream pisan nungguan .. 

“apakah kamu adalah cinta yg selelu ku tunggu
Jangan biarkan cintamu berakhir padaku
Sungguh ku tak mau jauh darimu
Apakah kau rindu dalam mimpiku ?”
Tompi.

Salam dangdut,
Princess oichy

THERE ARE NO WORDS THAT I THINK WILL FRIENDSHIP experienced

SAYA SUDAH KENAL MEREKA SUDAH LAMA . SEJAK SEKOLAH BERSAMA , KUPIKIR KITA SUDAH CUKUP SALING MENGENAL SATU SAMA LAIN . TAPI SEMUA PIKIRAN ITU SALAH . KARENA SESUNGGUHNYA HANYA SAYALAH YANG MENGANGGAP MEREKA SAHABAT , TIDAK ADA KEBALIKANNYA ! BANGSAT , BEDEBAH !! AKU BENCI MEREKA .. SELALU SAJA BERAHIR SEPERTI INI .. AKU SELALU DISAKITI , MENGALAH UNTUK SEKEDAR KEBAHAGIAAN MEREKA YANG KUPIKIR AKAN MENGHADIRKAN SUATU KEBAHAGIAAN KECIL UNTUKKU . TAPI SEMUA ITU SALAH .. SAYA MERASA TERHINA SETELAH INI . SAYA , INGIN PERCAYA .. TAPI SUDAH TERBANG JAUH RASA ITU DARI TANGAN SAYA . BERKALI KU RASA KAN BAHWA MEREKA TAK PERNAH ADA SAAT AKU MEMBUTIHKAN ULURAN TANGAN MEREKA . MENGAPA ? MENGAPA HANYA AKU YANG MERASA BEGINI !!

TIDAK ADA KATA PERSAHABATAN YANG KUPIKIR AKAN INDAH KUALAMI . SEDIH . KECEWA .

:D :D




Cinta Pertama dan Terakhir - Sherina :
sebelumnya tak ada yang mampu
mengajakku untuk bertahan
dikala sedih

sebelumnya ku ikat hatiku
hanya untuk aku seorang
sekarang kau disini hilang rasanya
semua bimbang tangis kesepian

reff:
kau buat aku bertanya
kau buat aku mencari
tentang rasa ini
aku tak mengerti
akankah sama jadinya
bila bukan kamu
lalu senyummu menyadarkanku
kau cinta pertama dan terakhirku

sebelumnya tak mudah bagiku
tertawa sendiri di kehidupan
yang kelam ini

sebelumnya rasanya tak perlu
membagi kisahku saat ada yang mengerti
sekarang kau disini hilang rasanya
semua bimbang tangis kesepian

repeat reff:

bila suatu saat kau harus pergi
jangan paksa aku tuk cari yang lebih baik
karena senyummu menyadarkanku
kaulah cinta pertama dan terakhirku

repeat reff:

Project Pop - Bohong
dengarlah sayangku
janganlah kau bersedih lagi
aku bisa mengerti mengapa
kau memilih tuk tinggalkanku
dan pergi dengannya

jujurmu padaku
sudah cukup bukti padaku
kini ku bisa cari pacar
yang sudah antri menungguku
sedari dulu

reff:
sesungguhnya hatiku
ingin menahanmu
kamu jangan pergi
kamu jangan pergi
sesungguhnya jiwaku bisa gila
jika hidup tanpamu
aku terlalu mencintaimu

pergilah sayangku
janganlah menoleh padaku
aku hanya menangis bahagia
ku tak mau kau melihat air mataku

repeat reff

tidakkah kau sadari
dari hari ke hari
ku memujamu, memanjakanmu
dengan sepenuh hati
tetapi yang terjadi
hancurlah mimpi-mimpi
ku dapati dirimu tlah pergi

repeat reff:

aku terlalu mencintaimu
aku terlalu mencintaimu
aku terlalu mencintaimu

Bunga Citra Lestari - Karena Ku Cinta Kau
jika ada yang bilang ku lupa kau
jangan kau dengar
jika ada yang bilang ku tak setia
jangan kau dengar

banyak cinta yang datang mendekat ku menolak
semua itu karena ku cinta kau

jika ada yang bilang ku tak baik jangan kau dengar
jika ada yang bilang ku berubah jangan kau dengar

saat kau ingat aku ku ingat kau
saat kau rindu aku juga rasa
ku tahu kau slalu ingin denganku
kulakukan yang terbaik yang bisa ku lakukan
tuhan yang tahu ku cinta kau

jika kau tak percaya padaku sakitnya aku
jika lebih dengar mereka sedih hatiku

saat kau ingat aku ku ingat kau
saat kau rindu aku juga rasa
ku tahu kau slalu ingin denganku
kau tahu ku juga ingin dengan denganmu
ku tahu kau slalu ingin denganku
kulakukan yang terbaik yang bisa ku lakukan
tuhan yang tahu ku cinta kau

terus-terusan kaya gini

aku capek ..muak , kesel , marah , .. sedih semua nyampur jadi satu

cuma satu ingin dhea .. semuanya sudahi ajj ..
ya ALLAH iringi aku terus , apit hatiku dgn cahayaMU ..
sungguh ini cobaan dariMU yang membuat hatiku tertatih-tatih tiada tertahan rasa sakitnya

seorang teman dan keluarga yang ada untukku
tak membuat aku berbalik daningin pulang terhadap mereka ..
aku ingin menghilangkan rasa sakitku

lagu kesedihan

Lirik Lagu Sheila on 7 Pemuja Rahasia Lyrics

Pemuja Rahasia - Sheila on 7
*courtesy of LirikLaguIndonesia.net
kuawali hariku dengan mendoakanmu
agar kau selalu sehat dan bahagia di sana
sebelum kau melupakanku lebih jauh
sebelum kau meninggalkanku lebih jauh

ku tak pernah berharap kau kan merindukan keberadaanku
yang menyedihkan ini
ku hanya ingin bila kau melihatku kapanpun dimanapun
hatimu kan berkata seperti ini

pria inilah yang jatuh hati padamu
pria inilah yang kan selalu memujamu
begitu para rapper coba menghiburku

aku lah orang yang selalu menaruh bunga dan menuliskan cinta di atas meja kerjamu
aku lah orang yang kan selalu mengawasimu
menikmati indahmu dari sisi gelapku

dan biarkan aku jadi pemujamu
jangan pernah hiraukan perasaan hatiku
tenanglah tenang pujaan hatiku sayang
aku takkan sampai hati bila menyentuhmu

* mungkin kau takkan pernah tahu
betapa mudahnya kau untuk dikagumi
mungkin kau takkan pernah sadar
betapa mudahnya kau untuk dicintai

aku lah orang yang akan selalu memujamu
aku lah orang yang akan selalu mengintaimu
aku lah orang yang akan selalu memujamu
aku lah orang yang akan selalu mengintaimu

repeat *

karena hanya dengan perasaan rinduku yang dalam padamu
ku pertahankan hidup
maka hanya dengan jejak-jejak hatimu
ada artiku telusuri hidup ini
selamanya hanya ku bisa memujamu

ini lagunya bikin perasaan gw hancur seketika ... damn .. lagu untuk org lain ...


Indahnya , paitnya jatuh cinta (lagi??!)

Hari ini aku baru sadar
Kalo sbnernya aku memang udah sayang dia .. gk tau sjk kpn , dy tuh emg nyebelin. Tiap kali ketemu rasanya pengen nyakarin mukanya dy saking gemesnya .. hhuhuhuhuhuhuhu 
Tapi .. aku sesuatu yg bkin beda .. entah apa itu , huaaah , jadi melow gini aku ..(biasanya jg gw”an)
Upssss ... kalo lagi sneng , dy memng slalu hadir bwt dhea . kalo lg sedih , apalagi . hehe , ibaratnya dy tuh kesialan sama keuntungan bwt gw :p
Dy tempat gw numpahin semua emosi gw yg selalu melupa-luap .. dy udah jadi kebutuhan , scra gk lgsg munngkin . jadi sbnernya ap yg aku rasain ?
Cinta ... ? ini lah jawaban yg paling 99% bner .. hahaha
Walopun ada gk yakinnya ..semoga dy ngerasain ap yg aku jg rasain , tapi yah harapan gw itu ngegantung .. kaya balon yg kelilit di batang pohon tinggi , dy diem .. statis ..klo trlalu lama , namanya udah bkl brubah .. bkn balon lagi .. krna kmungkinan besar dy bakal meledak . see ?
That’s same like me .. i can’t wait , nunggu cinta dy kaya nunggu hujan d musim kemarau , alias mustahilun .. krna kita teteup kekeuh dgn status “temen” doang ini .. hehehe
Tp gmnpun gw g bs maksa dong , ntr d kiranya agresif lg . berbahaya
Smoga rasa cinta gw buat dy senantiasa ALLAH SWT ridhoi ,Aminnnnnn *gini2 jg religi bowww ..
Eits ralat ,
Kaya lagu nya vidi aldiano “pelangi di malam hari “ cinta gw persis kya gt
Sukur2 kalo dy naksir gw jg , hehehe .. tp d balik itu smua klo pun dy bahagia knp kita musti jadi penghalang buat itu semua ?rasanya di sisinya pun udah ckup , gk peduli status apa yg nanti bkal kita pake .. mau temen , boleh .. asal jgn pembantu sama majikan ,, hehe ogah lah yaw :p
Kalo dy yg jd pembantu gw itu br boleeeh bgtsss  ntr si nyonyah alias gw bkal sogok dy bwt selingkuh sm gw .. wkwkwkwkwk , gila .. jadi mana letak ketulusan gw ? drtd ngecaprak ajj dah ... ketulusan gw ada loh ..  smoga dy ngerasain itu sendiri ,
If it’s true u can see with ur eyes .. even in the dark ..u can hold my hand , u can touch and warm my hand .. last ,.. we fall in love ..  so sweet .. kpn aku bs bneran aya gt ??
Ntr ajj dah kpn2 .. kalo ada yg mau sama gw itu jg .. hihihihihihi
Eits , jgn smbarangan jgn blg ane kga laku yaw .. gini2 jg udah di ‘tembak” bbrpa kali sm cowo2 iseng .. hehe , tp d antara nya gw bersyukur ada yg bner2 cinta sama gw .. tp perasaan d hati gw udah gk adabwt dy .. brkali-kali mereka ngejar dan pengen balikan lg sama gw , tp anehnya hati gw udah nutup rapat2 soal lmbaran masa lalu ..
Mending jomblo toh , daripada nyampah sama cowo brengsek yg tega selingkuh atau terlalu ngekang ? see , hidup ini indah .. walopun km lg sendiri alias jomblo ..
Aku memang lg jatuh cinta !!! tapi aku msh sendiri , kata suka atau sayang masih aku cari2 dari matanya ...

Doain gw yah spy bs ngeraih itu semua ...

XOXO
Salam dangdut,

Princess oichy

my tears, worthless

jiwa yg bergejolak
karena penindasan
pencari sinar kehidupan yang
terpendam di antara cinta & perasaan
yg mencari kerinduan dalam kasih sayang
dan mencari perahu agar sampai ke dermaga kenangan
tempat berlabuhya jiwa yg hilang
dan tersesat agar selamat
dari belenggu dan kekejaman
unntuk mencari dan terusmencari ..
tanpa bisa memiliki selai
äir mata"

destiny ...

I can’t stand to fly
I’m not that naive
I’m just out to find
The better part of me
Is not easy to be me ..
Wish that I couln’t cry
I’m just want to stop

When I am down
The the things go wrong
The world against me too
I close my eyes and think of U
Remain what u have said to me

Pn : ï’m not a stop alog the way . i’m a destination”

lagu cintaku .. o i c h y



Kau membuat ku bersenangdung indahnya lagu cinta
Tapi kau jg yg menghujamnya keras
kadang aku pikir . menunggu cintamu seperti menunggu hujan dimusim kemarau .. alias mustahil .. oh makkkkkkkkkkkkk .... :(


Bahan lagu gw neh ...
Bwt senmus , tp gk tw jg denk ..

You are my inspiration
You Are like a star
Faraway from my stand , faraway from my eyes
Ur smile blinded my pain
But u R still faraway

This is one last cry
One last cry
Nothing my heart want to remain
One last cry ...
I gonna put u out of my mind

For me loving U is like breathing
But .. still my pain fucked up , enough ...
This insomnia attack my head ..
I’m just keep losing my beat

Got it ! got u , my baby .. lalalalalalala ..
One last happines ..

bla bla blahhhh

ibaratnya tengkorak itu gw , hahahaha
lagi lagi gadang dahceritanya ... mata si tengkorak itu udah mirip ajj sama mata gw :p
mata gw gjadi kurang tidur gini , heheh .. bkn karna gw demen make eyeliner .. hahaha sialan ajj deh ...
oiaa udah lama kita tak curhat2an ... rinduuu skalii.. hohoh gila gw :p
gw masuk pesantern loh !!
knp e knp ? yah , gw udah lelah dgn semua keaadan yg terlalu memaksa gw ,
skrg gw mutusin bwt survive d pesantren ini
lumayannn .. ganteng2 santri cowonya ... (dasar wong semprul aku ini :p)
benar skali , skrg saya naik pangkat , jadi santri gaul booow ? hahahaha :p
(santri apa premana ???)

BACK TO gadang .. knp gw gadang ??
Krna tadi eh gw salah minum kopi , gw minum kopi yg bwt bapa2 tkg ronda , hahahaha
Jd nya bgni deh ... tadinya niat gw mw blajar matematik eh malah jd bca COURSAGE .. rame lah , mayan .. pelajar macem gw lah yg sbnernya harus d basmi krna tak berguna dan tak mempercerdas bangsa .. huhahahahahahaha 
Mau tau niat mulia gw blajar dateng dr mna ?? semua jawabannya ada di muka Mr.EE (ini asli namanya loh , namanya Endang Erming bkn smtta2 ank2 jail bkin julukan krna dy doyan pup d clana ato krna mukanya mirip pup ) hehehehe ...
Mr.EE mengantai kls gw , seisi kls tepar semuahhh .. luluh lantak setelah pljaran matem , kita semua kebagean remedial kecuali 2 org doang yg slamet .. gila ajj , integral gt loh .. rumit amat yah ...
Dy tegas bgt setegas nilai yg dy kasih bwt gw ..
Alkisah pd zaman dahulu ada gadis mungil nan imut bernama dhea , dy mengayuh sepedah pink nya ke sekolah dan menyambut hari yg indahya dan ulangan matematika pertamanya d skolah ..
Tak lama sesudahnya ... d tengah2 keadaan ulangan mate , lampu mati ...
Jrenggg .. DITEMUKAN GADIS NAN IMUT ITU TELAH MATI .mengenaskan .

-end-

Wkwkwkwkwkwkwkwk , besoknya .. damn ! nilai gw .. dpt 6 ...
Jgn dlu blg mending ...
Nilai 6 dari 100 say .. waduh ...
Orang tua gw jg maklum , mangut2 .. doi kira 6 dari 10 , jadi rada mending ... tp trnyta .. huahahahahaha
Sialan ... sialan ...

playful kiss maen !!! asyiiiikkkk , check this out guys ...

http://www.youtube.com/watch?v=6sxoe54YHUk&feature=related

itu tuh episode 1 dari 7 bagean ..
gw ajj donlot seharian

klo kalian pengen nonton jg yah .. silahkan :)

pencerahan , new me . jojoba !!

Dear diary ..
Sept 13,2010






Huuuuuuaaaahhh :0
Hari ini gw ada dikit “cahaya” .. hehehe
Kmrn malem dtlpn si arga , diceramahin selama 2 jam lebih !! edan , dari jam 11 an sampe jm 1 ..gk tw maksudnya dy nelpon apaan , yg jelas dy ngasih ceramah soal mslh kluarga , cinta gw .. hihihihihi … kadang dy baek … tw ajj klo gw lagi butuh org bwt crita :p
Tp katanya gw musti ganti pulsanya, iih rese pan ?
Tapi seenggaknya ada benernya yg dy omongin ke gw.. huhu , aslinya jg gw jd rada bokiss .. huhuhu  malu gw
Tapi jadi kasian deh sama arga ..
Dy cerita sama gw kalo dy sama orang tuanya d buang k jalan sjak dy smp
Iih orang tuanya tipikal kek ortu gw bgt pan ? ternyta gk Cuma gw yg gt .. gw jadi sedikit lega .. 
Tapi yah dy kuat juga .. impress me ! dikiiiiiiit tapiiiii , hehehehe
Dan dy jg gk punya malu tuh nyeritain semua kjeleknya dy d dpn gw
Yg soal dy udah pernah ML ato pun dy pernah gembel, ngamen, nyolong rook , busyett criminal abis kan ?? takut abis gw , apalgi pas dy nyerita soal anting2nya .. wekkksss XD
Dan yg gw pikir gw payah , gw gk bisa setegar dy
Kalo gw kek dy , rasanya idup tuh ngada beban .. pengen bgt gw jadi org yg mandang idup itu santei , gk perlu prospek dan pemikiran kesana-kemari yg bikin otak gw cepet tumpul .. nah lo ?? hahahahaha
Pokoknya intinya gw sendirilah yg bikin idup gw sendiri ribet :p
Gw kangen arga , kangen ocholl
Pengen ngumpul bertiga lagi
Pengen ngeluarin sgala unek2 gw k mereka , semoga yg gw rasain k arga bkn perasaan yg istimewa , gw takut .. takut berkhianat sm mutun ..
Dy jg cerita dy udah punya pacar ko , udah 3 taon lg .. jd yah gw ngada potensi ngerusak itu semua .. toh gw suka keadaan ini , ada gw ada dy ada ochol .. bertiga cuek bebek ..

Gw , yeah udah pengin putus sama mutun .. toh dy jg kek ngerandahin gw gt ..
Eh pas td pagi , croot ada sms dy ,
“nyun km knp smlm ? mf gk dblz, aku uda tdr ? jgn blg putus y”
“km masih marah ya ? ko gk bls sih ? “
Enak bgt yah , setelah gw terapi (lagaknya) semalem .. konsultasi soal bginian sama arga , mending gw nurut arga ajj dah
Ngambil yg simple .. putus .. toh gw jg gk mw nyakitin diri gw sendiri ato pun mutun ..
Gw udah cape acting jd cewe manis d dpn mutun .. gk ada yg salah gw yah cm pengen sendiri.
Gk tw knp , gw jadi pengin sndiri dulu .. toh jadi jomblo kan bkn hal yg malu2in ?
Gw nya ajj yg pengen d perhatiin mulu jd d gw seorang yg gk pernah jomblo
Skrg lg pengin nyobain deh ,..nyobain sendiri
Toh gw gk akn kehilangan org2 yg sayang sm gw ..
Galih contohnya ? dy sampe skrg pun masih sms gw , seenggknya sarkasme gw ke dy udah berkurang deh .. hehehe
Kasian dy , udah ngakuin dy masih sayang sm gw . eh tapi gw dgn jahatnya blg udah gk ada rasa .. yah mo gmna lg cb ? gk boong ini ko :p
Gw ini kan angin , jd perasaannya gk puguh .. ngalor ngidul .. plin-plan kalii yah
Gw masih punya Ira , dina , alikha , ade , upi , elisa , vera ,dkk
Yg bakal nyeriain hari2 gw d skolah ..
D luar skolah ? mgkn ea , baru mgkn .. masih ada hanif mbee , landung , ridwan , arga , ochol ,adit , abang , gw berharap mereka gk jauhin gw ..
Selalu berpihak sm gw dan slalu sayang sm gw .. aminnnn 

Lucu , klo gw ngebayangin gw bakal jadian sm salah 1 dari temen2 gw , kayanya gk bisa d .. sekali temen yah bagi gw temen .. perasaan emg gk bs boong tp gw tw itu rasa sahabatnya susah diilangin .. gw slalu ngedambain seseorang yg slalu bikin gw teduh d setiap kata2nya ..
Dan gw selalu pengen kita ngejalanin in semua yah santei , gk trlalu lebay kek masa lalu gw ..


“berharap semuanya akan baik-baik saja
Sementara aku memejamkan mata
Ku tunggu dirimu
Meraih tanganku dan mengajakku pergi

Kapur putih yg pucat
Terasa penuh warna
Dan pelangi yg enggan datang pun berbinar
Kertas putih yg pudar
Tertulis seribu kata
Dan ku ungkap semua yg kurasa
Dengarkanlah kata hati ku
Bahwa ku ingin tetep disini , bgini .. karna ku tak mau jauh
Darimu …..
Dunia boleh tertawa melihatku bahagia
Walau kau berada d tempat yg kau anggap tak biasa
Biarkan aku menari menikmati semua ini , menyanyi riang sorak
Sampai semua berlalu“



Pn : udah dl dah .. ntr d smbung lg , hehehehehehe .. dudah diary ..
XOXO .. 

Salam dangdut ,

Princess oichy

panas . dingin . meleleh

Dear diary


Hari ini terjadi juga
Fuck lah …. !!!

“I wish we had another times
I wish we had another place”

Gk bgini , salalu rancu , slalu gk sinkron .. atara aku sama dia –pacar gw
Tentunya .. ahahaha
Dia dibakar rasa cemburu katanya , yah wajar .. org gw skrg sarkatis bgt jd org
Serba cuek dan seenaknya ..
Mungkin gw gk pantes bwt dy .. dy trlalu sabar bwt seorang dhea
Udah gw bilang berkali-kali , gw gk terbiasa dibatesin
Pacaran yah pacaran . gk perlu konektivitas sm org laen jd putus gra2 maslh status . pikiran yg aneh kn ? mgkn ia bgt gw tuh kejam ..
Mungkin gw bakal putus ,
Dan gw gk bakal mundur
Dy slalu balik nyakitin gw , pake katanya yg biking w sakit jg .
Ngapain dilanjutin klo gt ? kita scra gk lgsg saling nyakitin .. dan itu bkn karna cinta gw cari pacar bwt menghibur gw , bkn jadi penghancur bwt gw .
Gw cari pacar bwt tempat gw berteduh dari smua masalah gw , bkn nya malah nambah masalah …
I hate this part , broke up .. rite !!! mending putus , dy bilang dy eneg sama gw , byk uneg2 di hatinya ..
Brarti selama ini dy ngejalin sm gw penuh kepura2an gt ? trs suka curigaan gt ? fuck !!! sorry , udah lama gini gw gk kesel ..
Tp gw janji , gk bakal desperate abiss soal kek gini..
Ini karma ? mungkin ..

Tp gw percaya cinta itu akan dating sendiri ke hati gw , dan gw percaya dy punya cara yg indah untuk mengetuk hati gw ini ..

blajar photoshop



love will find away

In a perfect world
One we’ve never known
We would never need
To face the world alone

They can have the world
We’ll create our own
I may not be brave or strong or smart
But somewhere in my secret heart

I know , Love will find a way
Anywhere I go , I’m home
If you are there beside me
Like dark turning into day
Somehow we’ll come through
Now that I’ve found you
Love will find a way




I was so afraid
Now I realize
Love is never wrong
& so it never dies
There’s a perfect world
Shining in your eyes

& if only they could feel it too
The happines I feel with you

They’d know
Love wil find a way
Anywhere we go , we’re home
If we are there together

catch me .. cacth you

I want to see You
But I can’t see You
This Feelin’ Ihave is so lonely
I can’t Tell You
But Iwant to tell You
I keep missin’ my chance
But still … But still ..
I want to spread my wings with you
Marathon across the skies with You & have dreams in Unison with you
Now I cacth You , Catch you ..
You turn , cacth me , cacth me ..
Wait for me ..
Look over here !! & tell that you loved me ..
Yes Nice to meet you
Good to see you .. I’m Sure of it
Let my feelin’ for you fly away to your heart
I’m sure .. I’m in love !!

tanggal 30

Dear diary

August 13 ,2010
It’s gonna rain

This night I felt a lot pains .. I really not feeling as well as usual .. 
gw pengen ketemu org2 yg aku contai dr masa lalu gw ..
Dari mulai gw sd sampe smp .. rasanya pengin flashback ..
Udah 4 tahun , gk krasa bgt .. ’07 – ’10 gw gk prnah sadar klo gw selalu inget dy .. eah right !!
He’s adit .. always him ,, hahaha .. tp bukan karena pengin flashback judulnya jd inget dy
Dy emg selalu istimewa bwt gw , tp bukan untuk sbg org yg mgkn bisa selalu gw milikin ..
Tp selalu ada “sesuatu” yg bs nyatuin kita bwt ketemu lg .. & dy pernah blg gini ke gw ..
“there was a connector between us “ apapun itu mksudnya , gw gk perlu repot2 nyari jwbannya ..
Karena itu semua hanya sebuah perasaan yg udah lalu ..

Skrg , back to reality .. gw udah punya pacar .. dy MUTUN !! hahaha .. tp jujur gw gk anggep dy sm skali sbg pengganti adit . gw sadar dy sm adit beda . selama ini gw cari pcr itu hrs as well as him lah .. tp that’s rules not used again .. 
Gw mw cerita ttg sesuatu …
Aku pernah naksir cowo , selepas gw smp ke sma .. cowo itu kaka kls gw .. gk prnah sdkit pun gw tegur sapa sm dy , tp skrg .. gw udah mulai sms sm dy .. jujur perasaan gw yg dulu ke adit itu ada lagi ..
Gk tw nama nya .. tapi gw ngersain hal yg begitu soft di dada gw .. hahahaha

Semoga gw selalu bisa deket adit,Mutun, sama kaka kls gw itu … AMIN dah

gatoty

Dear diary ..
August 14 ,2010

Huhuhuhuhuhuhu … BT !!!! 
Knp siy mamapapap slalu ajj bikin gw pusiing sepusing2nya .. ??nasib gw emg gk bs jauh2 dr si ira x ea ? itu lho si ira “best pals” gw bgt .. dy itu sama ajj sm kek gw , dmna dy dmarahin emaknya eh gw malah ikut2an dmarahin jg :p ..
Cuma yg bikin gw gk mood nya itu gara2 mampap ngomelnya pas buka puasa alias lagi makan bareng sama pas lagi saur !! see ? skrg gw baru jm sgni ajj uda kelaperann .. huaaa .. tadi itu saur gw yg paling sedikit seumur iduup !!! Cuma roti , isi seres , trs Cuma sepotong lg … 
Pengin rasanya buka :p … gk dink , gk baek .. kek org yg gk punya iman ajj gw :p
Hahahahaha , udahlah ntr gw usaha ajj biar mampap gk ngambek2 lg ..

Masalahnya siy spele .. Cuma gra2 “CUCIAN”
Gw gk nyuci baju slama 4hr .. hahaha , doi marah2 gt d . ditambah lg kamar gw kemaren porak poranda kena amuk gw .. padahal lg puasa tp ea itulah gw .. moody abisss …. :p :p kek ank2 gt d gw ini , trkadang bisa dewasa sedwasa dewasanya .. tp bisa jg tbalik 180 C ..kalo inget sm umur iiih gw malu bgt d 
Gw kan bntar lg ultah seventeen :p
Bakalan ada yg inget gk ea gw ultah ?? huhuhuhu .. jangankan org laen , mampap ajj gk tw gw ultah
Tgl 15 sept selalu sepi , gk prnah ada surprise d hari itu yg bkin gw bner2 terharu .. mmmm… gw harap taun skrg ada yg mw ngasih gw sesuatu yg beda ..
Ahhh ngkhayal :p
Ya minta sama ALLAH ajj biar lulus ujian ajj itu udahhh yg paling baek bwt gw , sejak diguruin sm pa EE gw slalu mimpi buruk ttg mate .. remedial trs ii gawenya …!!! >.<


depresiiiiiiiii




Dear diary ..
Wah udah lama bgt gw gk cerita sm lo .. blog ku cayangk .. hahaha 
Lo tw gk dy ?? gw depresi skrg udah stadium akhir .. pdahal gw masih 16 tau .. pliss deh knp siy ortu gw gk pnah ngebiarin gw bwt idup dgn damai & normal kek temen2 gw yg laen ?? huhuhuhu  CRY ME A RIVER dah judulnya
Tlalu byk penderitaan gw .. kdang2 juga sempet kepikiran bwt bunuh diri dy ..
Knp gw jd “dhea” ?? pdhal bisa ajj gw jd dian sastro ea ?? hahahahaha , mw nya gw bgt itu mah .. balik lg sm prinsip reinkarnasi yg sempet dulu gw bilang sm lo dy .. klo seandainya pun gw pnah reinkarnasi … gw pengin tau bgt gmna gw bisa lolos di kesusahan gw dimasa lalu gw di kehidupan yg lalu ….
Tuntutan ortu itu telalu byk dn sumpah nya gw susah akur sm … terutama mamah ..
Huh dikit2 bratem .. dikit2 maki gw , ih nyebelind bgt .. sampe pas puncaknya tuh dy keceplosan x ea blg kga bakalan ngasih gw biaya bwt ngelanjutin sekolah gw … ih jahatnya …. Padahal gw tuh impiannya byk bgttttttt
1.mw pegi ke korea
2.mw kuliner keliling dunia  
3.mw ketemu super junior
4.jd sutradara
5.jadi photographer profesionallllllllll
6.jd org makmurrr
7.jd org yg bisa dibanggain
8.seenggaknya gw pengin mamah papap gw pjg umur spya bisa lyat kesuksesan gw
9.gw pengin ttp blajar dr setiap org
10.mati dgn slamat & gk mcm (horror bgt )

Hahahahahahaha , stalah dibaca ko gw makin bego ajj ea ? ckckckck
Susah bgt impian gw ituuu .. gpp dah , toh gk ada yg mustahil kan ? slama kita mw berusaha . gw yakin ko , walopun kadang telmi gw suka kumat gk tw waktu gw tuh suka cerdas .. (oke, yg ini emg jarang bgt) dlm nyelsein masalah gw …
Kelebihan gw : ……….. (seengknya bs jd modal ptama yg gratis bwt impian gw) ..??
Smakin dipikirin , tnyta gw gk punya kemampuan yg spesifik !!! oh GOD NO !! mw jd apeu gw d masa yg akn dtg ?? gk mw jd tkg baso gw , ato tkg ojekkkk , huhuhuhu
Bisa menderita lahir batin gw .. alesan ptama psti malah basonya abis gw tandas .. dan akhirnya kga ada yg d jualan … 

Sedih bgt klo ngebayangin gw dimasa depan .. nene dhea ?? ckckck , agaknya kurang pas … oma aje x ea ? hahaha .. gw janji bkalan sayang bgt sama anak2 , sama cicit gw kelak .. smoga keturunan gw kga ada yg dodol kek gw .. amin …

Mengenai suami gw dimasa yg akan dteng ,,,..
1.ryeowook (suju) mantan gw , pnah jadian sm gw slama 3 taun . ini dy kandidat terkuat
2.yesung (suju) pacar gw skrg
3.kyuhyun , mantan gw jg , akhir2 ini dy srg tlpon gw lg , mnta balikan :p
4.indra pratama nugraha …. Hahahahahahaha  love him so much
5.tkg becak yg kemaren ngedipin gw ..

See ? kata lo sapa yg bkalan jd suami gw kelak ??

Salam dangdut

Princess oichy

Pn : gw slalu nguatin diri gw .. dibalik candaan gw .. hehehehe
Gw slalu inget kesakitan gw , moga akn ada buah yg manis setelah semua yg gw alamin skrg . “akan ada pelangi guys , stelah badai .. “

Jamaah sholat Idhul Fitri rahimakumullah

Marilah kita senantiasa mengungkapkan rasa terima-kasih kepada Allah SWT semata. Allah telah melimpahkan kepada kita sedemikian banyak ni’mat. Jauh lebih banyak ni’mat yang telah kita terima dibandingkan kesadaran dan kesanggupan kita untuk bersyukur. Diantaranya, marilah kita ber-terimakasih kepada-Nya atas ni’mat yang paling istimewa yang telah kita terima selama ini, padahal tidak semua manusia memperolehnya. Dan terkadang kitapun bertanya-tanya mengapa kita termasuk yang memperolehnya? Itulah ni’mat iman dan Islam, yang dengannya hidup kita menjadi jelas, terarah dan berma’na.

Sesudah itu, marilah kita ber-terimakasih pula kepada Allahu ta’ala atas limpahan ni’mat sehat-wal’aafiat. Ni’mat yang memudahkan dan melancarkan segenap urusan hidup kita di dunia. Semoga kesehatan kita kian hari kian mendekatkan diri dengan Allahu ta’ala. Dan semoga saudara-saudara kita yang sedang diuji Allah melalui aneka jenis penyakit sanggup bersabar menghadapi penderitaannya…bersama keluarga yang mengurusnya, sehingga kesabaran itu mengubah penyakit mereka menjadi penghapus dosa dan kesalahan. Amien, amien ya rabbal ‘aalamien.

Selanjutnya khotib mengajak jamaah sekalian untuk senantiasa berdoa kepada Allah swt agar Dia melimpahkan setinggi-tingginya penghargaan dan penghormatan, yang biasa kita kenal dengan istilah sholawat dan salam-sejahtera kepada pemimpin kita bersama, teladan kita bersama… imamul muttaqin pemimpin orang-orang bertaqwa dan qaa-idil mujahidin panglima para mujahid yang sebenar-benarnya nabiyullah Muhammad Sallalahu ‘alaihi wa sallam, keluarganya, para shohabatnya dan para pengikutnya yang setia hingga akhir zaman. Dan kita berdo’a kepada Allah swt, semoga kita yang hadir di tempat yang baik ini dipandang Allah swt layak dihimpun bersama mereka dalam kafilah panjang penuh berkah. Amien, amien ya rabbal ‘aalaamien.

الله أكبر الله أكبر الله أكبر و لله الحمد

Jamaah sholat Idhul Fitri rahimakumullah

Sepanjang perjalanan zaman Allah SWT senantiasa memperlihatkan sifat-sifat utamanya, yakni Ar-Rahman (Maha Pengasih) dan Ar-Rahim (Maha Penyayang). Tidak pernah sesaatpun Allah Ta’ala biarkan umat manusia hidup di dunia dalam kegelapan dan ketidak-jelasan. Allah Ta’ala selalu memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada hamba-hambaNya. Allah Ta’ala mewujudkan hal ini melalui pengiriman para utusan-Nya di setiap kelompok umat manusia di sepanjang zaman.

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اُعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ

“Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (semata), dan jauhilah Thaghut (Syaithan) itu” (QS An-Nahl ayat 36)

Tidak ada seorang Nabi ataupun Rasul yang diutus Allah Ta’ala kepada ummat manusia bersuku-bangsa apapun sepanjang zaman kapanpun di negeri manapun, kecuali beliau pasti menyampaikan seruan abadi yang seragam tsb:

“Sembahlah Allah (semata) dan jauhilah Thaghut (Syaithan) itu.”

Demikianlah seruan yang disampaikan oleh Nabi Adam as kepada ummatnya, Nabi Nuh as kepada umatnya, Nabi Ibrahim as, Nabi Musa as serta Nabi Isa as kepada masing-masing ummat mereka. Bahkan segenap Nabiyullah -yang 25 namanya diperkenalkan Allah Ta’ala kepada kita di dalam Al-Qur’an maupun yang lainnya yang kita tidak tahu nama-nama mereka tetapi dikatakan oleh para ulama jumlah mereka mungkin mencapai 124.000 itu- semuanya juga telah menyampaikan seruan abadi tsb.

Hingga tibalah giliran utusan Allah Ta’ala yang terakhir yakni Nabiyullah Muhammad saw. Beliau merupakan penutup dari rangkaian para Nabi dan Rasul ‘alaihimus-salaam.

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَكِنْ رَسُولَ اللَّه

ِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

“Muhammad itu sekali-kali bukanlah ayah dari seorang lelaki diantara kalian, tetapi ia adalah Rasul Allah dan Penutup Nabi-Nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS Al-Ahzab ayat 40)

Berarti kesimpulannya ialah:

Karena Nabi Muhammad saw merupakan Penutup para Nabi, berarti tidak bakal ada lagi Nabi setelahnya yang diutus Allah Ta’ala untuk membawa ajaran baru bagi ummat manusia
Barangsiapa yang lahir dan hidup setelah diutusnya Nabi Muhammad saw (Penutup para Nabi) pantas dijuluki sebagai Ummat Muhammad saw, baik ia muslim maupun kafir
Ummat Muhammad saw merupakan Penutup Para Ummat atau Ummat Akhir Zaman yang dipimpin oleh Nabi Akhir Zaman. So, we are living in the end of time. Kita merupakan ummat manusia yang menjalani hidup di ujung parjalanan umur dunia.
Kalaupun aqidah iman-islam kita mengajarkan bahwa kelak di akhir zaman akan diturunkan seorang Nabiyullah yang selama ini dipelihara Allah Ta’ala di langit selama ribuan tahun, yakni Nabi Isa Al-Masih putra Maryam as, maka itu bukan berarti ia akan datang membawa ajaran baru. Bahkan kehadirannya kelak adalah sebagai pengikut & pengokoh ajaran Nabi Muhammad saw. Ia akan mengajak ahli-kitab, kaum Yahudi dan Nasrani untuk memeluk ajaran Nabi Muhammad saw, ajaran Islam. Sebab semua Nabi dan Rasul para utusan Allah pada hakikatnya selalu mengajak manusia kepada ajaran Islam Tauhid, yaitu mengesakan Allah Ta’ala semata.
الله أكبر الله أكبر الله أكبر و لله الحمد

Jamaah sholat Idhul Fitri rahimakumullah

Kesadaran bahwa kita merupakan Ummat Akhir Zaman atau The Last of Mankind Living in the End of Time merupakan perkara penting. Sebab hal ini akan membawa kita pada keyakinan bahwa Hari Akhir telah dekat kedatangannya. Bahkan Allah Ta’ala berfirman sbb:

يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللَّه

ِ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيباً

"Manusia bertanya kepadamu tentang hari akhir. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari akhir itu hanya di sisi Allah". Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari akhir itu sudah dekat waktunya.” (QS Al-Ahzab 63)

Dan Rasulullah saw sendiri bersabda:

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بُعِثْتُ فِي نَفَسِ السَّاعَةِ فَسَبَقْتُهَا

كَمَا سَبَقَتْ هَذِهِ هَذِهِ لِأُصْبُعَيْهِ السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى

“Aku diutus sebelum kedatangan Hari Akhir sebagaimana jari telunjuk ini mendahului jari tengahku.” (HR Muslim 4141)

Saudaraku, sudahkah kita mempersiapkan diri untuk menghadapinya? Bila Hari Akhir sudah dekat waktunya -bahkan semenjak diutusnya Nabi Muhammad saw 15 abad yang lalu- pantaslah Allah Ta’ala menyuruh kita mempersiapkan diri menghadapi hari esok yang perintahnya diletakkan di antara dua kali penyebutan perintah bertaqwa kepadaNya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ

وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok, dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS AlHasyr ayat 18)

“Ya Allah, jadikanlah ibadah shiyam dan qiyam Ramadhan kami benar-benar menghasilkan taqwa yang memadai untuk membekali kami menghadapi tanda demi tanda Akhir Zaman yang terus berdatangan. Kami sadar bahwa semakin mendekati Hari Akhir tentunya ujian dan fitnah yang datang akan kian berat. Yaa muuqallibal-quluub tsabbit quluubanaa ‘ala diinika. Ya Allah Yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hati kami di atas ajaranMu.”

الله أكبر الله أكبر الله أكبر و لله الحمد

Jamaah sholat Idhul Fitri rahimakumullah

Rasulullah saw menjelaskan kepada kita sejak 15 abad yang lalu bahwa Ummat Islam yang hidup di Era Akhir Zaman ini akan mengalami perjalanan sejarah yang mengandung lima babak.

تَكُونُ النُّبُوَّةُ فِيكُمْ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا اللَّهُ إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةٌ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا عَاضًّا فَيَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا جَبْرِيَّاً فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةً عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ ثُمَّ سَكَتَ

“(1) Babak Kenabian akan berlangsung di tengah kalian selama masa yang Allah kehendaki kemudian Allah mencabutnya jika Allah menghendaki untuk mencabutnya.

(2) Kemudian babak keKhalifahan yang mengikuti pola (manhaj) Kenabian berlangsung di tengah kalian selama masa yang Allah kehendaki kemudian Allah mencabutnya jika Allah menghendaki untuk mencabutnya.

(3) Kemudian babak Raja-raja yang menggigit berlangsung di tengah kalian selama masa yang Allah kehendaki kemudian Allah mencabutnya jika Allah menghendaki untuk mencabutnya.

(4) Kemudian babak Raja-raja yang memaksakan kehendak(para diktator) berlangsung di tengah kalian selama masa yang Allah kehendaki kemudian Allah mencabutnya jika Allah menghendaki untuk mencabutnya.

(5) Kemudian babak keKhalifahan yang mengikuti pola (manhaj) Kenabian kemudian Nabi diam.” (HR Ahmad 17680)

Hadits ini menguraikan Ringkasan Perjalanan Sejarah Ummat Islam yang terdiri dari lima babak sbb:

Babak I: Kenabian

Babak II: Kekhalifahan mengikuti pola (Manhaj) Kenabian

Babak III: Raja-raja yang Menggigit

Babak IV: Raja-raja yang Memaksakan kehendak (diktator)

Babak V: Kekhalifahan mengikuti pola (Manhaj) Kenabian

الله أكبر الله أكبر الله أكبر و لله الحمد

Jamaah sholat Idhul Fitri rahimakumullah

Babak pertama atau babak Kenabian النُّبُوَّة adalah masa dimana ummat Islam langsung dipimpin oleh Nabiyullah Muhammad saw secara langsung. Babak ini berlangsung singkat yaitu 23 tahun (13 tahun Sebelum Hijrah hingga 10 Hijriah), tidak sampai seperempat abad lamanya. Tetapi ia merupakan masa yang singkat namun diberkahi Allah Ta’ala. Ketika Nabi saw baru diutus pada usia 40 tahun jazirah Arab sedang tenggelam di dalam nilai-nilai zhulumat al-jaahiliyyah (kegelapan nilai-nilai jahiliah). Sementara tatkala Nabi saw wafat pada usia 63 tahun telah terjadi transformasi sosial secara total sehingga jazirah Arab menjadi bersinar dibawah naungan Nurul Islam (Cahaya Ajaran Allah Ta’ala Al-Islam). SubhaanAllah. Babak pertama sudah berlalu, saudaraku.

Babak kedua atau babak Kekhalifahan mengikuti pola (Manhaj) Kenabian خِلَافَةٌ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ adalah masa dimana setelah wafatnya Nabi Muhammad saw ummat dipimpin oleh para sahabat mulia yang dijuluki Khulafaa Ar-Rasyidin (para khalifah yang jujur, adil dan istiqomah mengikuti Allah dan RasulNya). Masa ini ditandai kepemimpinan sahabat-sahabat utama, yakni Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Al-Khattab, Ustman bin ‘Affan dan Ali bin Abi Tholib radhiyAllahu ‘anhum ajmaa’iin (semoga Allah meridhai keempatnya tanpa kecuali). Babak ini juga berlangsung singkat yaitu 30 tahun (tahun 10 H hingga 40 H), seperempat abad lebih sebagaimana prediksi Nabiyullah Muhammad saw:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

الْخِلَافَةُ فِي أُمَّتِي ثَلَاثُونَ سَنَةً ثُمَّ مُلْكٌ بَعْدَ ذَلِكَ

“Era Al-Khilafah di dalam ummatku berlangsung tigapuluh tahun, kemudian sesudah itu muncullah era kerajaan demi kerajaan.” (HR At-Tirmidzi 2152)

Babak kedua sudah berlalu, saudaraku.

Kemudian muncullah babak ketiga atau babak kepemimpinan Raja-raja yang Menggigit مُلْكًا عَاضًّا . Ia adalah masa dimana ummat Islam dipimpin dengan pola kerajaan selama masa yang cukup lama yaitu sejak tahun 40 H hingga tahun 1342 H atau sekitar 13 abad, tepatnya selama 1302 tahun. Babak ini terutama ditandai dengan berdirinya tiga kerajaan Islam besar yaitu Daulat Bani Umayyah lalu Daulat Bani Abbasiyyah kemudian Kesultanan Utsmani Turki yang di dalam berbagai kitab sejarah dunia (barat) lebih dikenal dengan The Ottoman Empire.

Mengapa pada masa ini para pemimpin ummat dijuluki oleh Nabiyullah Muhammad saw sebagai “para raja yang menggigit”, padahal ummat masih menyebut mereka sebagai khalifah, institusi negara Islam masih bernama khilafah dan Al-Qur’an serta Sunnah Nabi saw masih dijunjung tinggi?

Karena ketika itu suksesi pergantian kepemimpinan seorang khalifah kepada khalifah berikutnya menggunakan pola keturunan alias pola kerajaan. Sementara disebut “menggigit” karena para raja tersebut “menggigit” Al-Qur’an dan Sunnah, kualitasnya menurun dibandingkan babak sebelumnya dimana para Khulafaa Ar-Rasyidin “menggenggam” Al-Qur’an dan Sunnah secara kuat dan mantap.

Oleh karenanya, babak ketiga ini jelas babak yang lebih buruk daripada babak kedua. Namun ia masih jauh lebih baik daripada babak keempat, sebab setidaknya ia masih mampu memelihara ummat Islam berada di dalam satu kesatuan Jama’atul Muslimin yang tunggal dengan wilayah geografis Daulah Islamiyyah yang tunggal serta kepemimpinan yang memiliki otoritas tunggal. Pada masa ini tidak ditemukan kasus perbedaan penetapan tanggal jatuhnya hari Raya Idul Fitri, karena masih ada Final Decision Maker yang menyelesaikan berbagai perbedaan hasil ru’yatul hilal yang muncul di tengah ummat. Laa haula wa laa quwwata illa billah. Babak ketigapun sudah berlalu dan menjadi sejarah, saudaraku.

الله أكبر الله أكبر الله أكبر و لله الحمد

Jamaah sholat Idhul Fitri rahimakumullah

Setelah perjalanan sejarah Ummat Islam melalui babak pertama, kedua dan ketiga, maka Nabiyullah Muhammad saw selanjutnya memberitakan akan datangnya babak keempat yaitu babak kepemimpinan Raja-raja yang memaksakan kehendak (para diktator) مُلْكًا جَبْرِيَّاً.

Inilah babak yang diawali semenjak runtuhnya kekhalifahan kesultanan Ustmani Turki pada tahun 1924 atau 1342 H. Babak ini ditandai dengan runtuhnya kesatuan Ummat Islam dengan kesatuan wilayah dan kepemimpinannya. Ummat Islam menjalani kehidupan laksana anak-anak ayam kehilangan induk. Laksana anak-anak yatim kehilangan ayah. Atau laksana gelandangan kehilangan rumah tempat bernaung.

Dunia Islam terurai menjadi kepingan-kepingan negeri yang memiliki arah dan sistem beraneka jenis yang pada umumnya jauh dari arah dan sistem Islam. Mulailah dunia memiliki para pemimpin dan penguasa yang memaksakan kehendak seraya mengabaikan kehendak Allah dan RasulNya. Nasionalisme dan sekularisme menjadi dominan pada tataran kehidupan sosial-kemasyarakatan, sementara identitas dan ideologi Islam cenderung dilokalisasi pada tataran kehidupan individual semata.

Negara-negara Islam mengumumkan berdirinya nation-state. Masing-masing menentukan ideologi dan falsafahnya sendiri-sendiri yang pada umumnya tidak berlandaskan panduan umat Islam semestinya, yaitu al-Qur’an dan as-Sunnah. Mulailah masing-masing lebih membanggakan identitas material-geografis kebangsaannya daripada identitas spiritual-ideologis keislamannya. Memang, kita tidak semestinya mempertentangkan kebangsaan dengan keislaman. Namun yang pasti, kesadaraan sebagai warga khilafah yang berspirit luas Islam-globalis telah jauh terkubur oleh kesadaraan sebagai warga negara yang berjiwa sempit bangsa-lokalis.

Seorang ulama Pakistan bernama Imran Hosein menyebut dunia kini A Godless Civilization (Peradaban Tak Bertuhan). Ahmad Thompson, seorang penulis Muslim berkebangsaan Inggris, bahkan menyebut dunia kita sejak kurang lebih seratus tahun belakangan merupakan sebuah Sistem Dajjal atau “sistem kafir”.

Ia berpendapat, kondisi dunia kini sangat bertentangan dengan sistem kenabian. Berbagai lini kehidupan modern didominasi dajjalic values (nilai-nilai dajjal), bukan prophetic values (nilai-nilai kenabian). Kemudian secara panjang lebar ia bedah satu per satu lini kehidupan modern yang sudah sangat jauh dari nilai keimanan dan sarat nilai kekufuran.

Muhammad Quthb, adik kandung asy-Syahid Sayyid Quthb, menyebut dunia modern sebagai Jahiliyah Abad 20 atau Jahiliyah Modern.

Pada babak keempat ini ummat Islam menjalani the darkest ages of the Islamic history (masa paling kelam dalam sejarah Islam). Ini sudah merupakan skenario Ilahi dalam rangka menyadarkan kita akan benarnya firman Allah Ta’ala sbb:

إِن يَمْسَسْكُمْ قَرْحٌ فَقَدْ مَسَّ الْقَوْمَ قَرْحٌ مِّثْلُهُ

وَتِلْكَ الأيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِ

“Jika kamu (pada perang Uhud) mendapat luka, maka sesungguhnya kaum (kafir) itupun (pada perang Badar) mendapat luka yang serupa. Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran)…” (QS Ali Imran ayat 140)

Ada harinya orang-orang beriman mengalami kejayaan dan memiliki peradaban yang kuat, sementara ada harinya ummat Islam merasakan kekalahan, keterpurukan dan ketidak-jelasan peradaban. Ada pula harinya orang-orang kafir berjaya, memiliki peradaban bahkan berlaku semena-mena dan ada harinya mereka keok, kalah serta tidak berdaya menyebarluaskan budaya maksiat dan kekufurannya. Itulah sunnatullah yang mesti berlaku dalam kehidupan di dunia yang fana ini.

Yang penting bagi kita adalah setelah menyadari kita berada pada posisi terpuruk sekarang ini seyogyanya kita bersungguh-sungguh memelihara kesabaran dan konsistensi (istiqomah) dalam menjalankan kehidupan berpandukan ajaran Islam. Kita tidak mungkin banyak berharap dalam situasi dimana para مُلْكًا جَبْرِيَّاً sedang merajalela menguasai dunia dewasa ini. Kondisi ini bahkan telah dinubuwwahkan oleh Rasulullah saw melalui berbagai Tanda-tanda Akhir Zaman (اشراط الساعة) yang begitu banyak bermunculan di era kita sekarang ini.

Bahkan jika kita cermati hadits mengenai perjalanan sejarah Ummat Islam riwayat Imam Ahmad di atas sudah sepatutnya kita mengembangkan optimisme –selain sabar dan istiqomah- karena babak keempat bukanlah babak final perjalanan nasib ummat Islam.

Masih ada satu babak lagi yang perlu dijemput oleh ummat Islam. Itulah babak kelima dimana bakal tegak kembali era kepemimpinan orang-orang sekaliber Abu Bakar, Umar, Ustman dan Ali, yaitu Kekhalifahan mengikuti pola (Manhaj) Kenabian خِلَافَةٌ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ . Suatu era yang barangkali tidak terbayangkan bagi siapapun yang telah begitu dahsyat terperangkap dalam kesenangan menipu babak keempat sekarang ini. Era yang sudah pasti dinantikan oleh setiap muslim-mu’min yang merindukan tegakknya keadilan dan kejujuran hakiki.

الله أكبر الله أكبر الله أكبر و لله الحمد

Jamaah sholat Idhul Fitri rahimakumullah

Marilah kita persiapkan diri seoptimal mungkin untuk menghadapi babak final, babak kelima tersebut. Mari kita kenali, fahami dan persiapkan diri menghadapi Tanda-tanda Akhir Zaman yang bakal memenuhi panggung sandiwara dunia di masa peralihan babak keempat menuju babak kelima Ummat Akhir Zaman ini. Pastikan keberfihakan kita kepada Imam Mahdi dan Nabiyullah Isa Al-Masih as. Pastikan penolakan kita masuk ke dalam pasukan para penguasa diktator babak keempat yang akan berujung pada munculnya puncak fitnah yaitu Dajjal, fitnah terbesar di Akhir Zaman kata Nabi saw.

Ibarat sebuah film, dunia saat ini telah berada pada episode menjelang The End. Bayangkan, sudahlah kita dijuluki Ummat Akhir Zaman, lalu dari lima babak perjalanan Ummat Akhir Zaman yang beriman ini, kita berada di babak keempat pula. Berarti, kita wajib mempersiapkan diri menyongsong babak final Akhir Zaman. Masa transisi dari babak keempat menuju babak kelima kata Nabi saw bakal diwarnai banyak ujian dan fitnah yang kian menghebat sehingga sebagian ulama menyebutnya sebagai era Huru-hara Akhir Zaman.

Tidak ada sutradara manapun yang menulis skenario untuk mengecewakan para penonton. Sutradara selalu memastikan bahwa jagoan atau the Good Guys keluar sebagai pemenang atas para penjahat (the Bad Guys). SubhaanAllah, apalagi Allah Ta’ala, sebaik-baik Penulis Skenario. Pastilah Allah berrencana memenangkan tentaraNya atas tentara Dajjal atau hizbusy-syaithan.

Namun, sebagaimana semua film pada umumnya, mustahil jagoan menang sebelum melalui episode yang paling seru dan dahsyat. Artinya, mustahil babak kelima akan datang bila Ummat Islam berharap mencapainya sekedar dengan berjalan melalui taman-taman bunga. Sudah sewajarnya bilamana peralihan babak keempat menuju babak kelima melewati bukit-bukit berbatu dan jurang-jurang curam diwarnai deraian airmata bahkan sangat mungkin bersimbah darah. Sebab mustahil para penguasa diktator babak keempat akan menyerahkan begitu saja kepemimpinan kepada orang-orang beriman dan beramal sholeh kecuali melalui sebuah perlawanan yang keras. Satu hal yang pasti, masa transisi itu mustahil sekedar melalui meja perundingan, apalagi sekedar melalui permainan pertarungan “kotak suara”. Wallahu ‘alam bish-shawwaab.-

As-salaamu `alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh.
Al-hamdu li l-Laahi l-ladzii arsala rasuulahuu bi l-hudaa wa diini l-haqq, li yuzh-hirahuu `ala d-diini kullih, wakafaa bi l-Laahi syahiidaa.

Asyhadu an laa ilaaha illa l-Laah, wahdahuu laa syariikalah. Wa asyhadu anna muhammadan `abduhuu wa rasuuluh, al-ladzii laa nabiyya ba`dah.
Allaahumma shalli wa sallim wa baarik `alaa muhammad, wa `alaa aalihii wa shahbihii wa man waalah.
`Ibaada l-Laah, ittaqu l-Laaha haqqa tuqaatih, wa laa tamuutunna illa wa antum muslimuun.
Allaahu Akbar, Allaahu Akbar.
Laa ilaaha illa l-Laahu wa l-Laahu Akbar.
Allaahu Akbar wa li l-Laahi l-hamd.
Segala puji dan puja kita panjatkan ke hadirat Allah SWT `Azza wa Jalla semata-mata, satu-satuNya Dzat tempat kita mengabdi dan tempat kita berserah diri. Shalawat dan Salam, kesejahteraan dan kedamaian, semoga dilimpahkan Allah kepada Pemimpin Besar kita, Nabi Muhammad Rasulullah SAW, serta para keluarga dan shahabat beliau yang setia. Melalui pribadi yang mulia Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul Terakhir, sesungguhnya Allah SWT telah mewahyukan Islam sebagai agama yang haqq dan sempurna untuk mengatur umat manusia, agar berkehidupan sesuai dengan fitrahnya sebagai Khalifah Allah di muka bumi, dengan kewajiban mengabdikan diri semata-mata ke hadirat-Nya.
Setiap tanggal 1 Syawwal, umat Islam di seluruh dunia, yang kini berjumlah 1,5 miliar jiwa dan merupakan hampir seperempat penduduk planet Bumi, bergembira merayakan Festival Kemenangan atau Idul Fitri, setelah sebulan penuh berlatih dalam pengendalian diri. Selama bulan Ramadhan kita telah menunaikan ibadah puasa, menegakkan shalat tarawih, memperdalam kajian Al-Qur’an, memperbanyak infaq dan shadaqah, serta amalan lainnya yang dianjurkan agama. Mudah-mudahan Allah SWT menerima segala aktivitas Ramadhan kita sebagai amal shaleh yang menambah neraca kebajikan kita pada Hari Perhitungan di akhirat nanti. Taqabbala l-Laahu minnaa wa minkum, shiyaamanaa wa shiyaamakum.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar.
La ilaha illallahu wallahu akbar.
Allahu Akbar, wa lillahilhamd.
Teman2 yang dimuliakan Allah SWT,
Setelah kita melaksanakan puasa Ramadhan, mudah-mudahan kita dapat memetik buah yang lezat dari ibadah shaum tersebut, dengan senantiasa menyadari kemahahadiran Allah dalam setiap gerak langkah dan aktivitas kita sehari-hari. Kita senantiasa menghayati firman Allah dalam Surat al-Hadid ayat 4: Wa huwa ma`akum ainamaa kuntum. Wal-Laahu bimaa ta`maluuna bashiir (“Dia bersamamu di mana pun kamu berada, dan Allah Maha Melihat terhadap yang kamu perbuat.”) Juga firman Allah dalam Surat al-Baqarah ayat 115: Wa li l-Laahi l-masyriqu wa l-maghrib. Fa ainamaa tuwalluu fa tsamma wajhu l-Laah. Inna l-Laaha waasi`un `aliim (“Kepunyaan Allah timur dan barat. Ke mana jua engkau berpaling, di sanalah Wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas JangkauanNya serta Maha Mengetahui.”) Dengan demikian diharapkan kita selalu memelihara diri dari hal-hal yang tidak diridhai Allah SWT. Inilah tujuan akhir (the ultimate goal) dari ibadah puasa, la`allakum tattaquun, “agar kamu sekalian bertaqwa.”
Di sekeliling kita bertebaran “Lata dan Uzza” dalam bentuk materi dan kedudukan, yang setiap saat merayu manusia supaya bertuhan kepadanya. Betapa banyak orang yang menjadikan tahta atau kedudukan sebagai ilahnya, sehingga dia rela berkorban dengan segala cara untuk mencapai atau mempertahankan kedudukannya. Betapa sering kita mendengar orang yang menumpuk harta kekayaan dengan tidak peduli apakah cara yang ditempuh halal atau haram. Mudah-mudahan ibadah shaum Ramadhan meningkatkan kemampuan kita dalam pengendalian hawa nafsu, sehingga kita dapat memelihara kemurnian pengabdian kita kepada Allah SWT.
Semakin jelas bagi kita bahwa mengaplikasikan ikrar LAA ILAAHA ILLA L-LAAH tidaklah segampang mengucapkannya. Hal ini memerlukan latihan dan ujian. Memang benar ungkapan simbolis yang mengatakan bahwa titian Shiraath al-Mustaqiim itu sangat halus laksana “rambut dibelah tujuh.” Artinya melangkah pada jalan yang diridhai Allah itu tidaklah mudah, karena sepanjang hidup kita akan berdatangan ujian dan cobaan dari sekeliling kita. Marilah kita renungkan firman Allah dalam Surat al-Ankabut ayat 2–3: Ahasiba n-naasu ayyutrakuu ayyaquuluu aamannaa wa hum laa yuftanuun. Wa laqad fatanna l-ladziina min qablihim falaya`lamanna l-Laahu l ladziina shadaquu walaya`lamanna l-kaadzibiin (“Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan berkata ‘Kami telah beriman’ sedangkan mereka tidak diuji lagi? Sungguh telah diuji orang-orang sebelum mereka, sehingga Allah mengetahui mereka yang benar dan mereka yang dusta.”)
Semoga Allah memasukkan kita kepada golongan yang disebutkan dalam Surat al-Ahqaf ayat 13-14: Inna l-ladziina qaaluu rabbuna l-Laahu tsumma staqaamuu fa laa khaufun `alaihim wa laa hum yahzanuun. Ulaa’ika ashhaabu l-jannati khaalidiina fihaa jazaa’am bimaa kaanuu ya`maluun (“Sesungguhnya orang-orang yang berkata ‘Tuhan kami adalah Allah’, lalu mereka konsisten dengan pernyataan itu, maka tidaklah ada kecemasan dan kesusahan bagi mereka. Mereka itulah penghuni surga, kekal mereka di dalamnya, sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.”)
Allahu Akbar wa lillahilhamd.
Sahabat yang dimuliakan Allah SWT,
Hari ini kita merayakan “festival kesucian” atau Idul Fitri. Kata`id berarti “kembali atau berulang”, satu akar kata dengan `adah, yang diindonesiakan menjadi “adat”, yaitu kebiasaan atau tradisi yang senantiasa terus berulang. Juga kata `id berarti “hari raya atau festival”. Dengan demikian,`id memiliki arti lengkap sebagai hari raya yang berulang secara periodik setiap tahun. Adapun kata fithri seakar dengan fithrah, yang berarti “sifat atau kejadian asal yang suci”. Menurut ajaran Islam, manusia terikat dalam suatu perjanjian primordial dengan Tuhan. Manusia sejak dari kehidupannya dalam alam ruhani dahulu telah berjanji untuk menjadikan Allah Yang Maha Esa sebagai pusat orientasi hidupnya.

Fungsi Matematika dalam Excel April 26 , 2010

Arranged by :
1.) Dhea Amanah (12)
2.) Dina Komara (13)
3.) Elisa Cynthia A (14)
4.) I Made Dhama K (15)
5.) Ira Hastuti (16)


Teman – teman tau Microsoft Office Excel kan ???
Itu lho Program Aplikasi Pengolah Angka yang ebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS……..
Dalam Microsoft Excel Berbagai Fungsi siap pakai yang dapat kita gunakan untuk menyelesaikan berbagai kasus yang kita hadapi sehari – hari .
Nah sekarang ini akan dibahas mengenai FUNGSI MATEMATIKA .
Yuk kita cari tau apa saja sih yang ada pada Fungsi Matematika itu !

1. Fungsi ABS




Fungsi ABS menghasilkan nilai mutlak atau absolut dari suatu bilangan atau angka dengan mengabaikan tanda negatif . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=ABS( number )
Keterangan :
• Number dapat berupa angka / bilangan atau mengacu pada suatu sel referensi yang berisi angka .


Penerapan :
Data dalam gambar di bawah menunjukkan contoh angka negatif , berdasarkan data tersebut dapat dihasilkan nilai mutlak seperti ditunjukkan dalam gambar .

2. Fungsi COMBIN


Fungsi COMBIN digunakan untuk menentukan kombinasi yang disusun dalam dari suatu obyek . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=COMBIN(number;number_chosen)
Keterangan :
• Number merupakan total data atau obyek yang tersedia , dapat berupa angka atau sel referensi berisi angka .
• Number_chosen jumlah obyek atau data setiap kombinasi .

Contoh Penerapan :
Sebuah perkumpulan olah raga memiliki 8 orang atlet bola voli dan setiap tim terdiri dari 6 orang . Berdasarkan data tersebut , kombinasi tim yang dapat disusun berjumlah 28 seperti diperlihatkan pada gambar di bawah .

3. Fungsi EVEN





Fungsi EVEN digunakan untuk pembulatan suatu bilangan ke atas dari suatu bilangan ke bilangan genap terdekat . Bentuk penulisan Fungsi adalah sebagai berikut :
=EVEN(number)
Keterangan :
* Number diisi dengan angka ( bilangan ) atau alamat sel referensi yang berisi angka baik positif maupun negatif yang akan dibulatkan ke bilangan genap terdekat .

4. Fungsi FACT


Fungsi FACT menghasilkan factorial dari suatu bilangan , sama dengan 1*2*3*… dari bilangan tersebut . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=FACT(number)

Keterangan :
• Number diisi dengan angka ( bilangan ) atau alamat sel referensi yang berisi angka yang akan menghasilkan factorial bilangan tersebut .

Contoh Penerapan :
Silakan Anda isi angka atau bilangan pada range B5:B6 dan atau F5:F6, perhatikan hasilnya dalam gambar tersebut .


5. Fungsi INT



Fungsi INT menghasilkan pembulatan ke bawah suatu bilangan pecahan ke bilangan bulat terdekat . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=INT(number)
Keterangan :
* Number diisi dengan angka / bilangan ( pecahan atau bulat ) atau alamat sel referensi yang berisi angka .
Contoh Penerapan :
Silakan Anda isi bilangan pecahan dan lihat hasil pembulatan ke bawah dalam bilangan bulat seperti diperlihatkan dalam gambar di bawah .

6. Fungsi LN



Fungsi LN menghasilkan angka atau bilangan logaritma dengan basis atau konstanta e ( 2.71828182845904) . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=LN(number)
Keterangan :
* Number diisi dengan angka / bilangan positif atau alamat sel referensi yang berisi angka .

Contoh Penerapan :
Sebuah Kota Kecil saat ini memiliki populasi sebesar 25.000 orang , daya tampung diperikan sebesar 50.000 orang . Jika tingkat pertumbuhan penduduk pertahun sebesar 4% , waktu yang diperlukan untuk mencapai jumlah tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah .

7. Fungsi LOG



Fungsi LOG menghasilkan bilangan logaritma berdasarkan angka atau bilangan yang diterapkan . Bentuk penulisan Fungsi adalah sebagai berikut :
=LOG(number,base)
Keterangan :
• Number disi dengsn angka / bilangan positif atau alamat sel referensi yang berisi angka .
• Base adalah angka dasar logaritma , jika diabaikan , Excel menganggap logaritma berdasar 10 .

Contoh Penerapan :
Silakan Anda isi angka positif berupa bilangan dan dasar , salah satu contoh dapat dilihat pada gambar di bawah .


8. Fungsi LOG10




Fungsi LOG10 menghasilkan bilangan logaritma berdasarkan ( base ) dengan angka atau bilangan 10 . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=LOG10(number)

Keterangan :
* Number diisi dengan angka / bilangan positif atau alamat sel referensi yang berisi angka dengan basis logaritma 10 .

9. Fungsi MOD



Fungsi MOD menghasilkan nilai berupa angka atau bilangan sisa dari pembagian dua bilangan . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut:
=MOD(number;devisor)
Keterangan :
• Number diisi dengan angka / bilangan atau alamat sel referensi yang berisi angka yang akan dibagi .
• Devisor diisi dengan bilangan atau alamat sel referensi yang berisi bilangan pembagi .

Contoh Penerapan :
Silakan Anda isikandata berupa angka yang menunjukkan sebagai angka yang akan dibagi dengan angka pembagi . Salah satu contoh dapat dilihat dalam Gambar di bawah .

10. Fungsi MULTINOMINAL



Fungsi MULTINOMINAL menghasilkan rasio factorial dari jumlah suatu nilai hasil factorial . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=MULTINOMINAL(number1;number2;……;number255)

Keterangan :
• Number diisi dengan angka / bilangan atau alamat sel referensi yang berisi angka . Excel mengijinkan Anda mengisikan sampai dengan 255 argumen atau referensi sel .

Contoh Penerapan :
Silakan Anda isi tiga angka pada masing – masing sel pada range B5:D5 , perhatikan hasil dan pembuktian , salah satu contoh dapat dilihat pada gambar di bawah .

11. Fungsi ODD



Fungsi ODD digunakan untuk pembulatan suatu bilangan ke atas dari suatu bilangan ke bilangan ganjil terdekat . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=ODD(number)

Keterangan :
• Number diisi denga angka (bilangan) atau alamat sel referensi yang berisi angka baik positif maupun negatif yang akan dibulatkan ke bilangan ganjil terdekat .

Contoh Penerapan :
Data seperti yang diperlihatkan dalam gambar di bawah menunjukkan angka (bilangan ) yang dibulatkan ke bilangan ganjil terdekat .

12. Fungsi POWER



Fungsi POWER menghasilkan suatu bilangan yang dipangkatkan dengan bentuk penulisan fungsi sebagai berikut :
=POWER(number;power)

Keterangan :
• Number diisi dengan angka (bilangan) atau alamat sel referensi yang berisi angka yang akan dipangkatkan ( bilangan dasar ) .
• Power diisi dengan angka (bilangan) yang menjadi pangkat dari bilangan dasar (eksponen) .

Contoh Penerapan :
Silakan Anda isi bilangan dasar dan eksponen , salah satu contoh dapat dilihat dari gambar di bawah .


13. Fungsi PRODUCT




Fungsi PRODUCT menghasilkan perkalian bilangan yang terdapat dalam suatu range . Bentuk fungsi adalah sebagai berikut :
=PRODUCT(number1;number2;……;number255)

Keterangan :
• Number diisi dengan angka / bilangan atau alamat sel referensi yang berisi angka . Excel mengijinkan Anda mengisikan sampai dengan 255 argumen atau referensi sel .

Contoh Penerapan : Lihat gambar di bawah !

14. Fungsi ROMAN




Fungsi ROMAN menghasilkan konvensi dari angka Arab seperti 1,2,3,… ke dalam bentuk penulisan format angka Romawi . Bentuk penulisan adalah sebagai berikut :
=ROMAN(number;form)

Keterangan :
* Number diisi dengan angka / bilangan atau alamat sel referensi yang dikonveresi ke angka Romawi .
* Form diisi dengan angka yang menunjukkan format konversi . Jika diabaikan , Excel menganggap sebagai nol dengan format klasik . Penjelasan lebih lengkap dapat dilihat melalui contoh gambar di bawah .


15. Fungsi ROUND





Fungsi ROUND digunakan untuk pembulatan suatu bilangan yang argumennya ditunjukkan oleh jumlah dijit pembulatan yang dikehendaki . Bentuk fungsi adalah sebagai berikut :
=ROUND(number;num_digits)
Keterangan :
• Number diisi dengan angka atau bilangan atau alamat sel refernsi yang berisi angka yang akan dibulatkan .
• Num_digits diisi dengan jumlah dijit pembulatan angka yang dikehendaki . Jika diisi angka nol , pembulatan dilakukan ke satuan penuh . Isian angka positif ( ebih dari nol)menghasilkan angka desimal (sekian angka dibelakang koma) . Isian angka negatif menghasilkan angka pembulatan kelipatan puluhan , ratusan , ribuan , dst . Lihat gambar di bawah !

16. Fungsi ROUNDDOWN



Fungsi ROUNDDOWN digunakan untuk membulatkan ke bawah suatu bilangan atau angka yang argumen ditunjukkan oleh jumlah dijit pembulatan yang dikehendaki . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=ROUND(number;num_digits)

17. Fungsi ROUNDUP



Fungsi ROUNDUP digunakan untuk membulatkan ke atas suatu bilangan atau angka yang argumen ditunjukkan oleh jumlah dijit pembulatan yang dikehendaki . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=ROUND(number;num_digits)


18. Fungsi SQRT




Fungsi SQRT menghasilkan nilai akar suatu bilangan dengan bentuk penulisan sebagai berikut :
=SQRT(number)

Keterangan :
* Number diisi dengan angka / bilangan atau alamta sel referensi yang berisi angka yang akan dicari nilai akarnya .

Contoh Penerapan :
Silakan Anda isi angka yang akan dicari nilai akarnya , jika nilai yang diisikan negatif , gabungkan dengan fungsi ABS . Salah satu penerapan contoh dapat dilihat pada gambar di bawah .


19. Fungsi SUBTOTAL




Fungsi SUBTOTAL menghasilkan nilai sub total suatu data berdasarkan nomor fungsi yang dipilih atau ditetapkan . Bentuk penulisan fungsi adalah sbb :
=SUBTOTAL(function_number;ref1;ref2;….)

Keterangan :
• function_number diisi dengan angka / bilangan mulai dari 1 s.d 11 yang merupakan fungsi dari untuk operasi sub total . Fungsi ini antara lain untuk mencari nilai rata – rata , terbesar , terkecil , data yang dihitung , dsb .
• ref adalah range atau referensi dari suatu database yang akan disubtotal , Excel mengijinkan Anda mengisi maksimum 254 range data .


20. Fungsi SUM




Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan data angka yang terdapat dalam beberapa sel atau range . Bentuk penulisan fungsi adalah sbb :
=SUM(number1;number2;…)

Keterangan :
• Number diisi dengan angka / bilangan atau alamat sel refernsi yang berisi angka yang akan dijumlah , sel yang berisi teks atau nilai logika akan diabaikan . Excel megijinkan Anda mengisi sampai dengan 255 argumen yang akan dijumlahkan .

Contoh Penerapan :
Data berikut menunjukkan transaksi pengiriman barang dari sebuah perusahaan ke beberapa distributor . Data yang terdapat dalam rabel meliputi nomor dokumen , tanggal transaksi , wilayah , penanggungjawab , dan nilai transaksi . Berdasarkan data tersebut dapat dihitung nilai transaksi seperti diperlihatkan pada gambar di bawah . Data yang sama juga digunakan dalam contoh penerapan fungsi SUMIF dan SUMIFS .


21. Fungsi SUMIF




Fungsi SUMIF digunakan untuk menjumlahkan data numeric ( angka atau bilangan ) pada suatu range sesuai dengan criteria yang telah ditetapkan . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=SUMIF(range;criteria;sum_range)

Keterangan :
* range range yang berisi sekelompok data yang sejenis dengan data criteria
* criteria menetapkan criteria dengan menyebut criteria atau syarat yang digunakan oleh Excel untuk memilih record data sebagai dasar perhitungan . Kriteria dalam contoh penerapan dapat dipilih dengan menempatkan penunjuk pada sel F15 .

Contoh Penerapan :
Menggunakan data yang sama seperti fungsi SUM , silakan Anda pilih total nilai transaksi yang terdapat pada suatu wilayah tertentu dengan pilih pada alamat sel F15 .
22. Fungsi SUMIFS



Fungsi SUMIFS digunakan untuk menjumlahkan data numeric ( angka atau bilangan ) pada suatu range sesuai dengan criteria yang telah ditetapkan ( fungsi SUMIF hanya satu criteria ) . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=SUMIFS(sum_range;criteria_range1;criteria1;criteria_range2;criteria2)

Keterangan :
• sum_range range data yang akan dijumlahkan .
• criteria_range range yang berisi sekelompok data dengan data criteria
• criteria menetapkan criteria dengan menyebut criteria atau syarat digunakan oleh Excel untuk memilih record data sebagai dasar perhitungan .

Excel mengijinkan Anda untuk menetapkan criteria dan criteria range sebanyak 127 . Dalam contoh penerapan , Anda dapat memilih dua criteria , pertama pada alamat sel G15 dan criteria kedua pada alamat sel G17 . Contoh penerapan menggambarkan total nilai transaksi pada suatu wilayah dan penanggungjawab tertentu .

23. Fungsi SUMPRODUCT



Fungsi SUMPRODUCT menghasilkan perkalian data numeric (bilangan / angka ) antar array , selanjutnya data tersebut akan dijumlahkan . Jika data hanya terdapat dalam satu array , data akan dijumlahkan . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=SUMPRODUCT(array1;array2;……;array255)

keterangan :
array berisi data angka / bilangan yang akan dikalikan dan dijumlahkan atau hanya dijumlahkan .

Contoh Penerapan :
Berikut menunjukkan data dalam dua array yang akan dikalikan secara manual dan selanjutnya hasil dijumlahkan , disertai dengan perhitungan manual . Contoh lain adalh data dalam satu array yang dijumlahkan .

24. FungsiSUMSQ



FungsiSUMSQ digunakan untuk menjumlahkan angka / bilangan pada suatu sel atau range yang telah dikuadratkan . Bentuk penulisan Rumus :
=SUMSQ(numbwe1;number2;…)
Keterangan :
Number berisi data angka / bilangan atau mengacu pada alamat sel referensi ; Excel mengijinkan Anda utnuk mengisikan sampai 255 argumen ) .

Contoh Penerapan :
Data dalam Tabel berikut menunjukkan isian angka mulai dari 10 , 20 , 30 , 40 s.d 100 (kelipatan 10 ). Berdasarkan data berikut dapat dihitung hasil kuadrat angka yang bersangkutan dan pembuktian secara manual seperti diperlihatkan pada gambar di bawah .

25. Fungsi SUMX2MY2



Fungsi SUMX2MY2 menampilkan perbedaan penjumlahan hasil kuadrat data yang terdapat dalam dua range atau array. Bentuk Penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=SUMX2MY2(array_x;array_y)

Keterangan :
• Array_x range atau array pertama berisi nilai yang akan dihitung .
• Array_y range atau array Kedua berisi nilai yang akan dihitung .

26. Fungsi SUMX2PY2


Fungsi SUMX2PY2 menampilkan penjumlahan hasil kuadrat data yang terdapat dala dua range atau array . Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai berikut :
=SUMX2PY2(array_x;array_y)

27. Fungsi SUMXMY2



FungsiSUMXMY2 digunakan untuk menampilakan penjumlahan hasil kuadrat data yang berasl dari perbedaan angka / nilai yang terdapat dalam dua range atau array . Bentuk penulisan rumus adalah sbb :
=SUMXMY2(array_x;array_y)

Keterangan :
• Array_x range atau array pertama berisi nilai yang akan dihitung .
• Array_y range atau array Kedua berisi nilai yang akan dihitung .


28. Fungsi TRUNC



Fungsi TRUNC digunakan untuk memotong suatu bilangan dengan cara meniadakan bagian bilangan itu sesuai dengan jumlah dijit yang dikehendaki . Bentuk penulisan fungsi adalah sbb :
=TRUNC(number;num_digits)

Keterangan :
* number diisi dengan angka / bilangan atau referensi sel berisi angka yang akan dipotong bagiannya .
* num_digits diisi dengan jumlah dijit pemotongan angka yang dikehendaki .

kucing ndut , si kino .. yg laen jd kuno :p



gambar ini , gambar si kino .. kucing gembrot yg kerjaannya makan mulu . tidur mulu .. hahahaha
enak bgt jadi kucing ea ? hahaha
hardolin dasar .. :p
kino , dy udah tue lho .. udah sktr 2 taun ,, cowo .. berarti masih produktif gk ea ?
hahaha .. rencananya mau saia jualll dy ...



like miley cyrus said ..
hidup itu perjuangan guys ..
aku percaya aku bisa memperjuangkannya ..
dengan segala keterbatasanku ..

aku yg masih belum dewasa , heu ? :( :*


salam perpisahan

dear diary ..
waktu terasa semakin berat kulalui
ada beban yg selalu terasa berat didada ku .. terasa cengkram memeras otakku
hingga rasanya ingin bertemu kematian .. aku tak tau bagaimana kelak hari akan datang padaku
esok , aku sungguh tak siap untuk besok
mengakhiri hari ini saja sudah begitu lelahnya aku ,,
aku ingin sekali seprti dongeng
berharap ini semua hanya mimpi
penderitaan yg bertubi-tubi
seperti digalantungi onggokan sampah yg bau nya menyengat sampai merusak otakku
ingin rasanya teriak
tapi sungguh suara ini tercekat ..
astagfirullah
lagi-lagi pd kenyataan nya aku hanya bisa menangisi kemalanganku
hidup ini hanya sia sia bagiku
hampa , tiada upaya
masa depan yg semulanya kupikir bisa behagia
kini usang .. dimkan pahitnya kenyataan
sungguh
aku ini tidak sempurna ...
manusia penuh dosa
hingga kepedihan selalu menggelendoti diriku
menyedot semua tenaga ku
hingga dia akan meninggalkan jasadku dgn tatapan nanar
dan kepedihan , tentunya

kapan aku menjumpai kebahagiaan ?
mgkn pernah , tp aku tak sadar
cukup sekali aku rasakan .. saat dy berbalik badan dan mengatakan salam perpisahan

aku tercekat .. merindukan nya .. kebahagiaan ..